Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan proses pemijahan ikan nila

Jelaskan proses pemijahan ikan nila!

Jawab:

Pemijahan ikan nila dilakukan secara massal. Indukan jantan dan betina ditebarkan ke kolam pemijahan secara bersama-sama. Padat tebar kolam pemijahan sebanyak 1 ekor/m2 dengan perbandingan jantan dan betina yaitu 1 : 3. Selama proses pemijahan, berikan pakan seperti di kolam pemeliharaan induk. 

Pemijahan ikan nila biasanya akan berlangsung pada hari ke-7 sejak indukan ditebar. Pemijahan berlangsung di dasar kolam, biasanya di dalam kubangan atau cekungan. Apabila terjadi kecocokan, telur yang dikeluarkan induk betina akan dibuahi oleh ikan jantan. Setelah itu, telur akan dierami dalam mulut induk betina.

Selama proses pengeraman telur, induk ikan betina biasanya berpuasa. Maka, sebaiknya pemberian pakan dikurangi hingga tinggal setengahnya. Hal ini penting untuk menekan ongkos produksi dan mencegah penumpukan sisa pakan di dasar kolam.

Proses pengeraman biasanya berlangsung sekitar 1 minggu. Telur akan menetas menjadi larva ikan. Bila induk betina merasa kolam ditumbuhi pakan alami ikan, ia akan mengeluarkan larva dari mulutnya secara serempak. Oleh karena itu, selama proses persiapan kolam, penting untuk memupuk dasar kolam agar pakan alami ikan bisa tumbuh. Larva ikan yang baru menetas akan berenang ke pinggir kolam. Segera ambil dengan saringan halus dan pindahkan ke tempat pemeliharaan larva.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan proses pemijahan ikan nila"

close