Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium. Matahari termasuk bintang

Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium. Matahari termasuk bintang berwarna putih yang berperan sebagai pusat tata surya. Matahari memiliki enam lapisan yang masing-masing memiliki karakteristik tertentu. Keenam lapisan tersebut meliputi inti matahari, zona radiatif, dan zona konvektif yang membentuk lapisan dalam (interior), fotosfer, kromosfer, dan korona sebagai daerah terluar dari matahari. Temperatur di permukaan matahari sekitar 6.000°C, namun ada juga yang knenyebutkan suhu permukaan sebesar 5.500°C. Temperatur tertinggi terletak di bagian tengahnya yang diperkirakan tidak kurang dari 25 juta derajat Celcius, akan tetapi disebutkan juga kalau suhu pada intinya 15 juta derajat Celcius. Ada pula yang menyebutkan temperatur di inti matahari kira-kira 13.889.000°C.

Bagaimana cara mengukur temperatur matahari? Adakah termometer yang bisa mengukur panas hingga jutaan derajat Celcius?

Pembahasan:

Ada beberapa cara untuk mengukur suhu di permukaan matahari, antara lain sebagai berikut.

a.     Pertama, dengan menganalisis spektrum cahaya yang dipancarkan oleh matahari. Setiap benda panas memancarkan cahaya yang bergantung suhunya. Benda yang memancarkan cahaya merah lebih dingin dibanding dengan benda yang memancarkan cahaya kuning. Dari warna-warna yang dipancarkan oleh matahari ini kita dapat memperkirakan suhu di permukaan matahari.

b.     Kedua, dengan menganalisis atom-atom yang ada di permukaan matahari memakai spektrograf. Dari analisis ini dapat terkuak data-data perubahan energi atom-atom yang dapat menunjukkan berapa suhu di permukaan matahari.

c.     Ketiga, dengan mengukur radiasi panas matahari di bumi Besarnya radiasi di bumi ditambah dengan data jarak matahari bumi dapat memberi petunjuk pada kita berapa suhu di permukaan matahari

d.     Lalu, bagaimana cara mengetahui temperatur di bagian dalam matahari? Ternyata, dengan mengetahui suhu di permukaan matahari, kita dapat mengukur besarnya tekanan di bagian dalam matahari. Dari tekanan inilah suhu di dalam matahari bisa diperkirakan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium. Matahari termasuk bintang"

close