Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BNPB: Banjir Bandang Kota Batu Disebabkan Hancurnya Bendung Alam. Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan

BNPB: Banjir Bandang Kota Batu Disebabkan Hancurnya Bendung Alam

Jakarta, CNN Indonesia - Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan salah satu penyebab terjadinya banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur, adalah hancurnya bendung alam akibat tingginya debit air dari hulu.

Bendung alam ini terbentuk oleh longsor-longsor kecil dari sisi tebing yang tidak dilindungi vegetasi berakar kuat.

Masalah lain yang memperparah dampak banjir bandang adalah banyaknya kebun semusim di lereng tebing sungai yang berpotensi longsor jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Dampak dari longsoran di lokasi tengah dan hilir ini akan menambah kontribusi sedimen sehingga begitu sampai ke permukiman, volume lumpur yang terkumpul menjadi sangat besar.

Oleh karena itu, BNPB merekomendasikan untuk memperkuat lereng dan kawasan-kawasan yang sudah telanjur menjadi kebun semusim dengan melakukan penanaman pohon keras berakar kuat di lokasi-lokasi pinggir atas lereng tebing, terutama di pinggir kawasan kebun semusim.

BNPB juga meminta pihak berwenang menegakkan aturan sempadan sungai agar tidak ditanami dengan kebun-kebun semusim.

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menanam tanaman vetiver di lereng terjal dengan kemiringan lebih dari 30 derajat.

Sumber:www.cnnindonesia.com/nasional/20211107042859-20-717838/bnpb-banjir-bandang-koto-batu-disebabkan-hancurnya-bendung-alam (diakses pada 8 November 2021, dengan penyesuaian).

Soal 1

Berilah tanda centang () pada pernyataan yang benar (jawaban dapat lebih dari satu). Berdasarkan stimulus, konsep geografi yang tepat digunakan untuk menganalisis fenomena geosfer yang terjadadalah . . . .

   ☐ interaksi antarruang

   ☐ lokasi

   ☐ interelasi

   ☐ deskripsi

   ☐ diferensiasi area

Jawab:

Konsep geografi yang dapat digunakan untuk mengkaji fenomena pada soal adalah konsep interaksi antarruang.

 interaksi antarruang

Teks tersebut menjelaskan, terjadinya banjir di Kota Batu disebabkan oleh hancurnya bendung alam akibat tingginya debit air dari hulu. Penyebab lain yang memperparah banjir bandang ini adalah banyaknya kebun semusim di lereng tebing sungai yang berpotensi longsor jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Hal ini menunjukkan adanya hubungan sebab akibat.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

1 comment for "BNPB: Banjir Bandang Kota Batu Disebabkan Hancurnya Bendung Alam. Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan"

Anonymous September 14, 2023 at 8:14 AM Delete Comment
itu doang kak?