Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cermati teks berikut. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya

Cermati teks berikut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya siklon tropis yang tumbuh di belahan bumi utara Indonesia. Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG mengatakan, saat ini terdapat dua siklon tropis yang terpantau di belahan bumi utara, yaitu siklon tropis Lionrock dan siklon tropis Kompasu.

Siklon tropis Lionrock, yang tumbuh sejak 8 Oktober 2021, berada di Laut Tiongkok Selatan sebelah selatan Tiongkok, tepatnya di 18.0 LU, 110.9 BT dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 knot (65 km/jam) dan tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 994 hPa.

Sedangkan siklon tropis Kompasu, terbentuk di sekitar wilayah Samudra Pasifik Barat sebelah timur Filipina, tepatnya di 13.8 LU, 131.5 BT dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 35 knot (65 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 998 hPa.

Sumber:www.kompas.com/tren/read/2021/10/00/151800085/bmkg-pantau-dua-siklon-tropis-ini dampaknya-untuk-indonesia (diakses pada 9 November 2021)

Prinsip geografi yang sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah . . . .

     A.     interelasi

     B.      deskripsi

     C.      korologi

     D.     distribusi

     E.      kelingkungan

Pembahasan:

Prinsip deskripsi menjelaskan lebih jauh serta mendetail mengenai gejala-gejala geosfer yang diselidiki atau dipelajari melalui penggambaran bentuk keterkaitan antara alam dan manusia dalam bentuk peta, kalimat, diagram, dan grafik.

Jawaban: B

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Cermati teks berikut. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya"

close