Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan kegunaan unsur-unsur berikut! a. Natrium b. Kalium c. Magnesium d. Kalsium e. Barium

Jelaskan kegunaan unsur-unsur berikut!

a. Natrium

b. Kalium

c. Magnesium

d. Kalsium

e. Barium

Jawab:

a. Natrium (Na) digunakan sebagai bahan pendingin pada reaktor nuklir, lampu penerangan di jalan raya atau pada kendaraan, zat penyerap polutan polusi cerobong asap, garam dapur (masakan), dan baking soda (NaHCO3).

b. Kalium (K), digunakan dalam pembuatan bubuk mesiu, pupuk, pembuatan film pada fotografi, industri detergen, dan apabila bereaksi dengan yodium membentuk garam KIO3 yang berfungsi sebagai garam beryodium.

c. Magnesium (Mg), digunakan sebagai bahan obat-obatan dan minuman bersoda. MgSO4 dan MgO digunakan pada pembuatan kosmetik, kertas, obat cuci perut, konstruksi bangunan, selain itu Mg(OH)2 juga dapat mengurangi asam yang ada di dalam mulut/perut.

d. Kalsium (Ca), digunakan untuk campuran pembuatan gips patah tulang, sebagai katalis, sebagai deoxidizer dalam pembuatan berbagai baja. Selain itu jika bereaksi dengan klorin membentuk Ca(OCl)2 dapat berfungsi sebagai desinfektan.

e. Barium (Ba), digunakan dalam pengeboran sumur minyak dan gas, industri kaca. Selain itu barium alami dalam bentuk barium sulfat (BaSO4) adalah komponen pigmen putih dalam cat dan juga sebagai pencerah kertas

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan kegunaan unsur-unsur berikut! a. Natrium b. Kalium c. Magnesium d. Kalsium e. Barium"