Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wilayah landai yang berbatasan dengan laut, seperti Jakarta bagian utara, sering dilanda banjir saat musim

Cermati teks berikut!

Wilayah landai yang berbatasan dengan laut, seperti Jakarta bagian utara, sering dilanda banjir saat musim hujan. Hal ini dipengaruhi curah hujan yang tinggi, kurangnya daerah resapan, topografi yang landai, dan diperparah dengan naiknya muka air laut. Dampak yang ditimbulkan cukup banyak dan sangat merugikan, baik secara material maupun nonmaterial. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan penyelesaian masalah yang terintegrasi dengan seluruh pihak yang terkait.

Fenomena tersebut dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan . . . .

    A.     keruangan

    B.      kelingkungan

    C.      kompleks wilayah

    D.     analisis interaksi keruangan

    E.      analisis proses keruangan

Pembahasan:

Pendekatan analisis kompleks wilayah merupakan gabungan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Hubungan fungsional antarunit wilayah terjadi karena karena adanya perbedaan-perbedaan  antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya.

Fenomena geosfer yang terjadi pada soal dapat dikaji menggunakan analisis kompleks wilayah karena banjir yang sering terjadi di wilayah Jakarta bagian utara bukan hanya disebabkan oleh faktor cuaca saja, tetapi juga faktor topografi wilayah tersebut, sehingga memerlukan seluruh pihak yang terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut.  

Jawaban: C

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

 

Post a Comment for "Wilayah landai yang berbatasan dengan laut, seperti Jakarta bagian utara, sering dilanda banjir saat musim"

close