Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur untuk membuktikan teori biogenesis! Kesimpulan

Jelaskan percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur untuk membuktikan teori biogenesis! Kesimpulan apakah yang didapatkan?

Jawab:

Pasteur menggunakan labu berleher seperti angsa dalam percobaannya. Labu berleher seperti angsa ini diisi dengan air kaldu. Fungsi dari labu leher angsa ini adalah agar hubungan antara labu dan udara luar masih ada, artinya masih terdapat oksigen.

Labu ini dipanaskan untuk mensterilkan air kaldu dari mikroorganisme. Setelah dipanaskan, labu kemudian didinginkan dan disimpan. Setelah beberapa hari, ternyata air kaldu dalam labu leher angsa tetap jernih, tetapi di bagian lehernya banyak terdapat debu dan partikel-partikel, sedangkan di labu lainnya yang tidak berleher angsa, air kaldunya mengandung mikroorganisme.

Berdasarkan hasil percobaannya, Louis Pasteur menyimpulkan bahwa mikroorganisme yang ada dalam air kaldu bukan berasal dari air kaldu itu sendiri, melainkan dari mikroorganisme yang ada di udara.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur untuk membuktikan teori biogenesis! Kesimpulan"

close