Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuliskan lima contoh konservasi flora dan fauna di Indonesia dan dunia

Tuliskan lima contoh konservasi flora dan fauna di Indonesia dan dunia!

Jawab:

Tempat-tempat konservasi flora dan fauna di dunia antara lain sebagai berikut.

a.     Yosemite National Park (Taman Nasional Yosemite) di California (Amerika Serikat). Taman ini menjadi tempat kediaman 1.400 spesies tanaman. Salah satu di antaranya pohon sequoia. Sequoia adalah pohon yang terbesar dan tertua di dunia. Pohon ini hampir berumur 3.000 tahun dengan ketinggian lebih dari 76 meter dan diameter sekitar 9 meter.

b.     Guadalupe Island (Pulau Guadalupe) merupakan pulau vulkanik yang terletak di Meksiko. Pulau ini memiliki keragaman flora dan fauna laut. Pulau ini juga merupakan tempat koloni terbesar gajah laut di Pasifik.

c.     Galápagos Islands (Kepulauan Galápagos) di Samudra Pasifik sekitar 1.000 km dari pantai Ekuador dan merupakan pulau vulkanik aktif. Kepulauan ini menjadi pertemuan tiga arus laut. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu ekosistem laut terkaya di dunia.

d.     Tortuguero National Park (Taman Nasional Tortuguero) di Kosta Rika memiliki curah hujan yang tinggi membuat interaksi antara air tawar dan laut menjadikan taman ini kaya akan keanekaragaman hayati. 

e.     Picos de Europa National Park (Taman Nasional Picos de Europa). Taman ini terletak di bagian tengah Pegunungan Cantabrian, Spanyol bagian utara. Di taman nasional ini, ada banyak spesies yang dilindungi, seperti burung Cantabrian capercaillie, burung hias berjanggut, dan beruang cokelat.

Tempat-tempat konservasi flora dan fauna di Indonesia antara lain sebagai berikut.

a.     Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Taman nasional ini merupakan suaka margasatwa terbesar di Indonesia dengan luas lebih dari 1 juta hektare.

b.     Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang membentang dari Provinsi Bengkulu hingga ujung selatan Provinsi Lampung. Luasnya 356.800 ha.

c.     Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di dalam taman ini, terdapat pohon raksasa rasamala, kantong semar, berbagai jenis anggrek hutan, dan beberapa jenis tumbuhan yang nama ilmiahnya belum dikenal, seperti jamur bercahaya.

d.     Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi Banten. Ada tiga ekosistem yang membentuk Taman Nasional Ujung Kulon. Ketiga ekosistem itu adalah ekosistem dataran/terestrial (hutan hujan tropis), ekosistem perairan laut (terumbu karang dan padang lamun), dan ekosistem pesisir pantai (hutan pantai dan hutan mangrove).

e.     Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. Salah satu ciri khas dan identitas Taman Nasional Baluran adalah sabana. Di sini, banyak pohon dan semak berduri. Di kawasan taman nasional ini, banyak jenis tumbuhan hutan yang daunnya gugur di musim kemarau.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Tuliskan lima contoh konservasi flora dan fauna di Indonesia dan dunia"

close