Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penetrasi budaya merupakan proses masuknya budaya asing. Apakah yang dimaksud penetrasi budaya

Penetrasi budaya merupakan proses masuknya budaya asing. Apakah yang dimaksud penetrasi budaya? Sebutkan dua jenis penetrasi budaya beserta contohnya masing-masing!

Jawab:

Penetrasi kebudayaan adalah masuknya unsur-unsur kebudayaan asing secara paksa sehingga dapat merusak kebudayaan lama yang didatangi. Apabila kebudayaan baru yang masuk seimbang dengan kebudayaan setempat yang sudah ada, maka masing-masing kebudayaan hampir tidak mengalami perubahan atau tidak saling mempengaruhi satu sama lain, inilah yang dinamakan dengan hubungan simbiotik

Penetrasi budaya ada dua, yaitu penetration pasifique dan penetration violence.

a. Penetration pasifique disebut juga penetrasi damai artinya masuknya sebuah kebudayaan yang dilakukan secara damai, sehingga penerimaan kedua macam kebudayaan tersebut tidak akan memunculkan konflik, justru sebaliknya akan memperkaya khazanah budaya masyarakat setempat. Selain itu, pengaruh kedua kebudayaan ini juga tidak mengakibatkan hilangnya unsur-unsur asli budaya masyarakat. Misalnya, masuknya pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam ke Indonesia.

b. Penetration violence atau penetrasi paksa adalah proses masuknya sebuah kebudayaan yang dilakukan secara paksa dan sifatnya merusak karena disertai dengan kekerasan, sehingga menimbulkan guncangan yang merusak keseimbangan masyarakat. Contoh penetrasi paksa misalnya adalah masuknya kebudayaan Barat ke Indonesia pada zaman penjajahan. Penetrasi tersebut disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang berakibat pada rusaknya keseimbangan dalam masyarakat.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Penetrasi budaya merupakan proses masuknya budaya asing. Apakah yang dimaksud penetrasi budaya"