Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan hal-hal yang dikehendaki dalam pembangunan kebudayaan sesuai GBHN

Sebutkan hal-hal yang dikehendaki dalam pembangunan kebudayaan sesuai GBHN!

Jawab:

Di dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) dinyatakan bahwa kebudayaan nasional merupakan salah satu modal dasar bagi pembangunan bangsa Indonesia. Di dalam operasionalnya, GBHN menghendaki agar pembangunan kebudayaan hendaknya dijabarkan berdasarkan hal-hal berikut.

a. Mencerminkan nilai budaya bangsa Indonesia yang menunjukkan nilai- nilai luhur bangsa haruslah dibina dan dikembangkan guna memperkuat penghayatan dan pengamalan Pancasila, memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal rasa harga diri dan kebanggaan nasional, serta memperkukuh jiwa kesatuan.

b. Menerapkan nilai-nilai kepribadian bangsa yang berlandaskan Pancasila.

c. Mencegah nilai-nilai sosial budaya yang bersifat feodal dan kesadaran yang sempit, serta menanggulangi pengaruh kebudayaan asing yang negatif Akan tetapi di balik itu kebudayaan nasional harus mampu menyaring dan menyerap nilai-nilai dari luar yang positif dan memang diperlukan bagi pembaruan dalam proses pembangunan.

d. Membina dan mengembangkan disiplin nasional secara lebih nyata untuk memperkukuh kesetiakawanan sosial dan harus ditanamkan sikap mental tenggang rasa, hemat dan sederhana, bekerja keras, cermat, tertib, penuh. rasa pengabdian, jujur, dan kesatria.

e. Meningkatkan usaha-usaha pembauran bangsa di segala bidang kehidupan, baik di bidang ekonomi maupun sosial budaya untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa serta memantapkan ketahanan sosial.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Sebutkan hal-hal yang dikehendaki dalam pembangunan kebudayaan sesuai GBHN"