Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan metodenya, penelitian dapat dibagi menjadi penelitian historis, penelitian survel, penelitian

Berdasarkan metodenya, penelitian dapat dibagi menjadi penelitian historis, penelitian survel, penelitian eksperimen, dan penelitian observasi. Jelaskan tujuan dari masing-masing penelitian menggunakan kata-kata Anda sendiri.

Pembahasan:

Tujuan masing-masing penelitian:

1)  Penelitian historis: Fokus kajian penelitian historik adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Penelitian ini berdasarkan pada deskripsi lisan maupun tulisan dari objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif.

2)  Penelitian survei: Dalam penelitian survei, seorang peneliti berusaha untuk memperoleh informasi dari berbagai kelompok atau orang dengan cara penyebaran atau kuesioner. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tawuran antarpelajar. Metode penelitian survei banyak digunakan oleh para peneliti sosial di Indonesia untuk mengkaji berbagai fenomena sosial.

3)  Penelitian eksperimen: Dalam penelitian eksperimen, seorang peneliti merekayasa dan mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian.

4)  Penelitian Observasi: Tujuan penelitian observasi adalah memperoleh berbagai data konkret secara langsung di lapangan. Melalui penelitian observasi, seorang peneliti dapat memperoleh gambaran tentang kehidupan sosial suatu masyarakat yang sulit diketahui dengan metode lainnya.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdasarkan metodenya, penelitian dapat dibagi menjadi penelitian historis, penelitian survel, penelitian"