Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan 3 lapisan meninges

Jelaskan 3 lapisan meninges!

Jawab:

Meninges adalah lapisan pelindung yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Terdapat tiga lapisan meninges, yaitu dura mater, arachnoid mater, dan pia mater. 

  1. Dura mater: Lapisan paling luar dan paling tebal dari meninges. Dura mater terdiri dari jaringan ikat dan serabut kolagen, yang berfungsi melindungi otak dari trauma dan cedera. Dura mater terdapat pada bagian atas tengkorak dan dapat memisahkan bagian-bagian otak yang berbeda.
  2. Arachnoid mater: Lapisan meninges yang terletak di bawah dura mater. Arachnoid mater memiliki struktur seperti jaring laba-laba yang terdiri dari selubung tipis berisi cairan serebrospinal. Arachnoid mater berfungsi melindungi otak dan mengatur sirkulasi cairan serebrospinal.
  3. Pia mater: Lapisan meninges yang paling dalam dan paling dekat dengan permukaan otak. Pia mater menempel langsung pada otak dan mengikuti setiap lekukan dan lipatan otak. Lapisan ini terdiri dari jaringan ikat halus dan serabut elastis yang mengandung pembuluh darah kecil. Pia mater berfungsi melindungi dan memberikan nutrisi kepada otak.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan 3 lapisan meninges"