Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi sosiologi pendidikan menurut berbagai ahli di antaranya yaitu F.G. Robbins menjelaskan bahwa

Definisi sosiologi pendidikan menurut berbagai ahli di antaranya yaitu F.G. Robbins menjelaskan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian, dan hubungan kesemuanya dengan tata sosial masyarakat. Adapun dinamika yaitu proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepribadian, dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan. Definisi sosiologi pendidikan menurut H.P. Fairchild adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Definisi sosiologi pendidikan menurut Prof. Dr. S. Nasution, MA adalah limu yang berusaha mengetahui cara-cara mangendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik. Adapun definisi sosiologi pendidikan menurut Drs. Ary H. Gunawan adalah limu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

Dilihat dan objek penyelidikannya, sosiologi pendidikan merupakan bagian dari ilmu sosial. Adapun yang termasuk dalam lingkup ilmu sosial antara lain limu ekonomi, ilmu hukum, limu pendidikan, psikologi, antropologi, dan sosiologi. Menurut Vaizey, ada dua imu utama yang mendasari limu pendidikan yaitu psikologi dan sosiologi. Psikologi telah menambah pengetahuan tentang proses pendidikan dengan jalan membedakan antara hasil yang dicapal, yang diukur dengan penyelesaian suatu tugas, dan kemampuan sebagai suatu kekuatan potensial yang ada. Kajiannya sangat luas, tetapi dalam pendidikanlah para tokoh sosiologi memberikan apa yang mungkin merupakan sumbangannya yang terbesar terhadap pengetahuan dan garis kebijaksanaan.

1.     Menurut Valzey, ada dua ilmu utama yang mendasari limu pendidikan yaitu ….

      Pembahasan:

      Menurut Valzey, ada dua ilmu utama yang mendasari limu pendidikan yaitu psikologi dan sosiologi.

2.     Pernyataan yang benar sesuai dengan bacaan tersebut adalah …. (Jawaban lebih dari satu

     A.   F.G. Robbins menjelaskan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. 

     B.    Definisi sosiologi pendidikan menurut H.P. Fairchild adalah ilmu yang berusaha mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.

     C.    Definisi sosiologi pendidikan menurut Drs. Ary H. Gunawan adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

     D.   Dilihat dari objek penyelidikannya, sosiologi pendidikan merupakan bagian dari Ilmu sosial. 

     E.    limu ekonomi, Ilmu hukum, ilmu pendidikan, dan antropologi merupakan bagian dari limu alam. 

Pembahasan:

Pernyataan yang benar sesuai dengan bacaan tersebut adalah opsi A, C, dan D.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Definisi sosiologi pendidikan menurut berbagai ahli di antaranya yaitu F.G. Robbins menjelaskan bahwa"