Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek kajian merupakan sasaran yang hendak dituju atau dijabarkan secara detail dalam sebuah ilmu

Objek kajian merupakan sasaran yang hendak dituju atau dijabarkan secara detail dalam sebuah ilmu. Tiap ilmu pasti memiliki objek kajian, termasuk sosiologi. Secara garis besar, objek kajian sosiologi adalah individu dan masyarakat. Mulai dari interaksi hingga problematika yang mungkin muncul. Namun jika ditelusuri lebih jauh, ada dua objek kajian dalam ilmu sosiologi, yaitu objek materiel dan formal. Objek materiel sosiologi mencakup kehidupan sosial manusia beserta gejala, proses, interaksi, dan pengaruhnya.

Menurut Laksanto Utomo dalam Buku Ajar Antropologi dan Sosiologi (2020), objek formal dalam ilmu sosiologi adalah interaksi sosial. Sosiologi sebagai sebuah ilmu, mempelajari masyarakat yang saling berinteraksi satu sama lain sehingga interaksi tersebut diposisikan sebagai objek formal sosiologi. Ilmu ini melihat individu sebagai makhluk sosial, bagian dari masyarakat, dan terhubung pada jaringan sosial pembentuk kelompok. Dikutip dari buku Teori Penurunan Kepastian: Sebuah Teori Komunikasi Antarkelompok (2018) karya Emeraldy Chatra, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia beserta proses yang timbul dari hubungan tersebut dalam masyarakat. Sederhananya, objek sosiologi ini merujuk pada peran manusia sebagai makhluk sosial. Oleh sebab itu, kajiannya berfokus pada hubungan atau interaksi manusianya.

Objek formal dalam ilmu sosiologi juga mencakup hal-hal berikut.

  1. Pengertian sikap dan tindakan manusia terhadap lingkungan hidup manusia dalam kehidupan sosialnya.
  2. Meningkatnya keharmonisan dalam hidup bermasyarakat.
  3. Peningkatan kerja sama antarmanusia.

1.     Kemukakan mengenal objek materiel dan formal sosiologi berdasarkan bacaan tersebut! 

    Jawab:

    Objek materiel sosiologi mencakup kehidupan sosial manusia beserta gejala, proses, interaksi, dan pengaruhnya. Adapun objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia beserta proses yang timbul dari hubungan tersebut dalam masyarakat.


2.     Secara garis besar, objek kajian sosiologi adalah …. 

     Jawab:

     Individu dan masyarakat

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Objek kajian merupakan sasaran yang hendak dituju atau dijabarkan secara detail dalam sebuah ilmu"