Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacalah bacaan berikut! Pasca diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945

Bacalah bacaan berikut!

Pasca diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, ada peristiwa penting dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih. Pada tanggal 24 Maret 1946, penduduk Kota Bandung membakar rumah-rumah mereka dan pergi mengungsi ke arah selatan Bandung. Hal tersebut dilakukan agar wilayah mereka tidak dipergunakan oleh tentara Sekutu dan NICA Belanda untuk dijadikan markas.

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh datangnya pasukan Inggris untuk melucuti tentara Jepang pada tanggal 12 Oktober 1945, tetapi ternyata tentara NICA Belanda juga turut serta di dalamnya. Tindakan mereka mengganggu keamanan di seputar Kota Bandung. Pemimpin tentara Inggris memberikan ultimatum kepada Gubemur Jawa Barat untuk mengosongkan kawasan Bandung dari penduduk dan tentara. Ultimatum tersebut membuat TRI (Tentara Republik Indonesia) merencanakan operasi bumi hangus. Keputusan tersebut diambil melalui musyawarah Divisi III TRI pimpinan Kolonel A.H. Nasution pada tanggal 23 Maret 1946 di bawah koordinasi Perdana Menteri Sutan Syahrir.

Peristiwa Bandung Lautan Api ini mengilhami lahimya lagu Halo-Halo Bandung karya Ismail Marzuki. Lagu tersebut untuk mengenang semangat perjuangan TRI dan rakyat merebut kembali Kota Bandung yang disebut Kota Perjuangan.

Tuliskan waktu dan ruang dalam peristiwa Bandung Lautan Api!

Jawab:

Waktu: 24 Maret 1946.

Ruang: Bandung Selatan.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Bacalah bacaan berikut! Pasca diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945"