Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan cara memperolehnya, jenis data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu data primer dan data

Berdasarkan cara memperolehnya, jenis data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah jenis data penelitian yang dikumpulkan untuk pertama kali melalui pengalaman atau bukti pribadi. Data primer kerap diandalkan dalam sebuah penelitian karena autentik dan objektif. Biasanya, data primer dikumpulkan melalui beberapa cara, seperti observasi, tes fisik, kuesioner, survei, dan jenis wawancara pribadi lainnya. Adapun data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber lain yang telah ada sehingga peneliti tidak mengumpulkan data langsung dari objek yang diteliti. Contoh jenis data sekunder adalah data serisus penduduk, data penyakit, dan data yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Data primer memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan data primer dibandingkan dengan data sekunder adalah sebagai berikut.

  • Data primer lebih akurat dibandingkan dengan data sekunder, sebab data tersebut tidak tunduk pada bias pribadi sehingga keasliannya dapat dipercaya.
  • Peneliti menunjukkan kepemilikan data yang dikumpulkan melalui penelitian primer. Peneliti bisa memilih untuk membuatnya tersedia untuk umum, mematenkannya, atau bahkan menjualnya.
  • Peneliti mempunyai kendali penuh atas data yang dikumpulkan melalui penelitian primer. Peneliti bisa memutuskan metode, desain, dan teknik analisis data yang akan digunakan.
  • Data primer dikhususkan untuk kebutuhan peneliti pada saat pengumpulan data sehingga peneliti-bisa mengontrol jenis data yang dikumpulkan.

Adapun kekurangan data primer dalam sebuah penelitian adalah sebagai berikut.

  • Membutuhkan biaya yang cukup mahal, seperti membiayai sumber daya manusia, transportasi, alat pengumpulan data, dan lainnya.
  • Membutuhkan waktu lalna karena sulit mencari narasumber dan keterangan beberapa responden tidak lengkap.
  • Membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mendapatkan data yang lengkap dan waktu yang cepat.

Pernyataan yang sesuai dengan bacaan tersebut adalah …. (Jawaban lebih dari satu)  

  A.   Data primer kerap diandalkan dalam sebuah penelitian karena autentik dan objektif

  B.    Contoh jenis data primer adalah data sensus penduduk, data penyakit, dan data yang dikeluarkan oleh pemerintah.

  C.    Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber lain yang telah ada sehingga peneliti tidak mengumpulkan data langsung dari objek yang diteliti. 

  D.   Data sekunder lebih akurat dibandingkan dengan data primer, sebab data tersebut tidak tunduk pada bias pribadi sehingga keasliannya dapat dipercaya. 

  E.    Data primer membutuhkan waktu lama karena sulit mencari narasumber dan keterangan beberapa responden tidak lengkap.

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan bacaan tersebut adalah opsi A, C, dan E.

Jawaban: A, C, dan E

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdasarkan cara memperolehnya, jenis data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu data primer dan data"