Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inovasi adalah suatu penemuan unsur kebudayaan baru yang disebarkan kepada masyarakat, selanjutnya

Inovasi adalah suatu penemuan unsur kebudayaan baru yang disebarkan kepada masyarakat, selanjutnya diterima, dipelajari, dan akhirnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penemuan baru yang terjadi di masyarakat dapat dibedakan menjadi dua yaitu discovery dan invention. Ada beberapa pendapat para ahli mengenal konsep discovery dan invention. Tariklah garis antara pendapat para ahli tentang konsep discovery, invention, serta inovasi dan nama ahlinya dengan benar!

Pendapat Para Ahli tentang Konsep Discovery, Invitation, dan Inovasi

Nama Ahli

A. Mengartikan discovery sebagai penemuan yang bersifat penambahan pada pengetahuan, dan invention sebagai penerapan dari pengetahuan tersebut. 

1. Hobart Barnet

B. Memandang inovasi sebagai rekombinasi dari ide-ide yang ada sebelumnya, kemudian membentuk ide baru. Atau dengan kata lain, inovasi adalah konfigurasi mental yang ada pada individu tertentu. 

2. Parsudi Suparlan

 

C. Menjelaskan discovery sebagai penemuan benda atau materiel baru dan bersifat dasar, artinya belum jadi karena belum memiliki bentuk. Adapun invention sebagai penemuan benda atau barang yang masih sederhana, tetapi sudah mempunyai konstruksi dan bentuk tertentu, seperti penemuan kapak tangan buatan masyarakat yang berkebudayaan praaksara.

3. Dixon

 

D. Menyatakan bahwa discovery adalah suatu penemuan baru yang berupa persepsi mengenai hakikat suatu gejala atau hakikat mengenal hubungan antara dua gejala atau lebih. 

4. Ralph Linton

 

E. Berpendapat bahwa balk discovery maupun Invention dapat menimbulkan hasil yang bersifat materiel maupun nonmateriel.

5. Harison

 

Jawab:

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Inovasi adalah suatu penemuan unsur kebudayaan baru yang disebarkan kepada masyarakat, selanjutnya"