Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pada perusahaan dagang terdapat persediaan barang dagangan. Dalam pencatatan persediaan barang

Pada perusahaan dagang terdapat persediaan barang dagangan. Dalam pencatatan persediaan barang dagangan terdapat dua sistem yaitu sistem perpetual dan sistem periodik. Bagaimana pencatatan persediaan barang dagangan dengan sistem perpetual?

Jawab:

Sistem terus-menerus (perpetual system) adalah metode yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang berkaitan dengan persediaan barang dagangan dalam perusahaan dagang, di mana persediaan dicatat dan dihitung secara detail, baik pada waktu dibeli maupun dijual.

Metode perpetual lebih cocok digunakan dalam perusahaan yang memiliki frekuensi transaksi tidak terlalu banyak, tetapi nilai per transaksinya besar. Pada metode perpetual, setiap terjadi transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan dicatat pada akun persediaan barang dagangan sehingga jumlah persediaan barang dagangan untuk dijual dan jumlah barang dagangan yang telah dijual secara terus-menerus tercantum dalam catatan persediaan. Pada metode ini diperlukan buku pembantu persediaan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Pada perusahaan dagang terdapat persediaan barang dagangan. Dalam pencatatan persediaan barang"