Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan cuplikan sebuah tulisan berikut. Pada tahun 1653, ada seorang raja di Tanah Goa yang bernama Sultan Hasanuddin

Perhatikan cuplikan sebuah tulisan berikut.

Pada tahun 1653, ada seorang raja di Tanah Goa yang bernama Sultan Hasanuddin. Adapun raja itu tiada mengindahkan Kompeni; orang Maluku yang durhaka kepada Kompeni dibantunya: tambahan lagi diperanginya Sultan Buton yang bersahabat dengan Belanda. 

Cuplikan tulisan tersebut merupakan contoh konkret historiografi….

   A. tradisional

   B. kolonial

   C. nasional

   D. modern

   E. lokal

Pembahasan:

Cuplikan tulisan tersebut merupakan contoh konkret historiografi nasional.

Ciri-cirinya adalah bersifat Indonesia-sentris. Sebagaimana telah dikemukakan oleh sejarawan Sartono Kartodirdjo, visi dasar dari historiografi nasional adalah menempatkan rakyat Indonesia sebagai pelaku dan pemeran utama dari sejarahnya sendiri (history from within).

Artinya, sejarah Indonesia ditulis berdasarkan pengalaman serta sudut pandang bangsa penjajah. Pengalaman dan sudut pandang bangsa penjajah pada dasarnya adalah bukan sejarah Indonesia, melainkan sejarah para penjajah yang pernah berkuasa di Indonesia.

Jawaban: C

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga


Posting Komentar untuk "Perhatikan cuplikan sebuah tulisan berikut. Pada tahun 1653, ada seorang raja di Tanah Goa yang bernama Sultan Hasanuddin"