Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dalam sejarah Negara Indonesia, terdapat beberapa peristiwa pemberontakan dengan tujuan memisahkan

Dalam sejarah Negara Indonesia, terdapat beberapa peristiwa pemberontakan dengan tujuan memisahkan diri dari NKRI.  Menurut pendapat anda, tindakan apakah yang perlu dilakukan agar mencegah hal-hal tersebut? Berikan alasan yang logis.

Jawab:

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut setidaknya terdapat 3 aspek yang harus dibenahi oleh Pemerintah Indonesia yaitu Ekonomi, Pendidikan dan hukum yang adil. Aspek ekonomi menjadi hal yang terpenting untuk semua elemen masyarakat di Indonesia, hal ini disebabkan dengan adanya pemerataan ekonomi masyarakat tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka sehari-hari.

Peristiwa pemberontakan di Indonesia sering terjadi karena permasalahan ekonomi. Pendidikan menjadi hal yang fundamental untuk segera dibenahi oleh Pemerintah Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan adanya pemerataan pendidikan, semua kalangan masyarakat merasakan pendidikan dan gratis. Maka salah satu cita-cita bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa akan terlaksana, selain itu dengan adanya pendidikan yang merata di Indonesia maka paham-paham seperti radikalisme bisa diminimalisir untuk tidak berkembang.

Hal ini disebabkan masyarakat sudah mengetahui nilai-nilai kebangsaan melalui institusi pendidikan. Terakhir adalah hukum yang harus ditegakkan seadil-adilnya untuk semua masyarakat, tidak tebang pilih dan semua sama di mata hukum sesuai dengan asas legalitas yang diterapkan dalam UUD 1945.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Dalam sejarah Negara Indonesia, terdapat beberapa peristiwa pemberontakan dengan tujuan memisahkan"