Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Globalisasi merupakan proses dunia menjadi satu jaringan tanpa batas antarbangsa akibat kemajuan

Globalisasi merupakan proses dunia menjadi satu jaringan tanpa batas antarbangsa akibat kemajuan teknologi dan komunikasi. Selain memberikan banyak keuntungan, globalisasi juga membawa dampak yang dapat mengancam integrasi bangsa. Jelaskan ancaman globalisasi dalam bidang ekonomi dan sosial budaya.

Jawab:

Ekonomi: Sisi penting dari globalisasi adalah dari segi ekonomi. Bagi kegiatan ekonomi suatu negara, globalisasi memiliki arti penting karena kegiatan masyarakat dapat terintegrasi ke pasar-pasar global. Hal ini makin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan barang-barang atau kebutuhan tertentu dari luar negeranya sendirinya. Akan tetapi kemudahan tersebut dapat menjadi ancaman bagi produksi lokal.

Sosial Budaya: Globalisasi berdampak pada kehidupan sosial budaya dari segi sikap, pandangan hidup, bahkan nilai-nilai budaya bangsa. Kemajuan teknologi komunikasi menyebabkan budaya-budaya dari luar mudah masuk ke Indonesia. Jika budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa diadopsi secara mentah-mentah tanpa penyaringan, akan menjadi ancaman bagi nilai-nilai sosial budaya bangsa Indonesia.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Globalisasi merupakan proses dunia menjadi satu jaringan tanpa batas antarbangsa akibat kemajuan"