Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan dampak negatif globalisasi pada nilai-nilai budaya bangsa dan tuliskan solusi untuk menghadapinya

Globalisasi merupakan proses dunia menjadi satu jaringan tanpa batas antarbangsa akibat kemajuan teknologi dan komunikasi. Batas antarbangsa menjadi samar. Selain menimbulkan dampak positif, globalisasi juga menimbulkan dampak negatif. Jelaskan dampak negatif globalisasi pada nilai-nilai budaya bangsa dan tuliskan solusi untuk menghadapinya.

Jawab:

Memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa menjadi permasalahan yang perlu mendapat perhatian serius. Permasalahan ini sering dikaitkan dengan kemajuan di bidang komunikasi, termasuk penyebaran informasi, baik melalui media cetak maupun elektronik. Hal tersebut berdampak terhadap ideologi, agama, budaya dan nilai-nilai yang dianut masyarakat Indonesia. Pengaruh derasnya budaya global yang negatif menyebabkan kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa makin memudar. Hal ini tecermin dari perilaku sebagian masyarakat Indonesia yang lebih menghargai budaya asing dibandingkan budaya bangsa, baik dalam cara berpakaian, bertutur kata, pergaulan bebas, dan munculnya pola hidup konsumtif, serta kurangnya penghargaan terhadap produk dalam negeri.

Solusi yang bisa dilakukan khususnya ke pemerintah adalah mengalakkan program untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya, misalnya dengan program “Aku Cinta Produk Indonesia”, memberi dorongan untuk pelestarian budaya lokal, serta memberi batasan terhadap media yang memberi dampak buruk terhadap bangsa. Hal ini karena media merupakan saluran yang memudahkan untuk transfer budaya.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Jelaskan dampak negatif globalisasi pada nilai-nilai budaya bangsa dan tuliskan solusi untuk menghadapinya"