Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konflik didefinisikan sebagai percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. Jelaskan bentuk-bentuk

Konflik didefinisikan sebagai percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. Jelaskan bentuk-bentuk konflik yang terjadi di masyarakat.

Jawab:

Bentuk konflik atau pertentangan terjadi di masyarakat sebagai berikut. 

a. Konflik pribadi: Konflik pribadi dapat terjadi antara dua individu atau lebih karena perbedaan pandangan dan sebagainya. Konflik pribadi biasanya dapat timbul juga akibat persoalan benci.

b. Konflik rasial: Konflik rasial umumnya timbul akibat perbedaan ras, seperti perbedaan ciri badan, kepentingan, dan kebudayaan. Biasanya, konflik ini terjadi dalam masyarakat yang salah satu rasnya menjadi kelompok mayoritas. Sebagai contoh, konflik rasial pernah terjadi antara orang kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan pada masa apartheid. 

c. Konflik antara kelas-kelas sosial:  Konflik antara kelas sosial umumnya disebabkan oleh adanya perbedaan kepentingan. Contohnya, konflik akibat adanya perbedaan kepentingan antara buruh dan pemilik perusahaan. 

d. Konflik politik: Konflik politik terjadi akibat adanya perbedaan kepentingan atau tujuan politis seseorang atau kelompok. Contohnya adalah konflik antarpartai politik dalam sebuah negara.

e. Konflik internasional: Konflik internasional umumnya terjadi akibat perbedaan kepentingan yang kemudian berpengaruh pada kedaulatan negara. Contohnya, konflik antarnegara mengenai suatu wilayah eksplorasi gas alam di daerah perbatasan.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Konflik didefinisikan sebagai percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. Jelaskan bentuk-bentuk"