Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lingkungan Keamanan Strategis Indonesia: Kondisi Keamanan dalam Negeri

Lingkungan Keamanan Strategis Indonesia:

Kondisi Keamanan dalam Negeri

Dalam bidang pertahanan, terdapat sejumlah isu berskala nasional yang menonjol, di antaranya isu perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, separatisme, terorisme, radikalisme yang anarkis, dan kondisi politik pascareformasi.

Isu perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar

Indonesia masih mempunyai sejumlah persoalan batas wilayah, baik perbatasan darat maupun maritim. Berbagai permasalahan tersebut berhubungan langsung dengan kedaulatan negara yang harus ditangani secara serius oleh pemerintah, antara lain melalui pendayagunaan fungsi pertahanan, baik fungsi pertahanan militer maupun nirmiliter secara terintegrasi demi mencapai hasil yang maksimal.

…..

1. Berdasarkan teks tersebut, Tentukan pernyataan-pernyataan berikut benar atau salah dengan memberikan tanda centang (✓) pada kolom yang tepat.

(1) Terkait isu atau masalah perbatasan, Indonesia teguh mematuhi berbagai hukum internasional, seperti UNCLOS tahun 1982 yang memuat prinsip-prinsip mengenai batas wilayah darat antarnegara. 

(2) Salah satu cara mencegah timbulnya gerakan separatisme adalah dengan mewujudkan pemerataan penyaluran hak, seperti hak politik, ekonomi, dan keadilan agar seluruh rakyat merasa nyaman berada dalam naungan NKRI. 

(3) Terorisme adalah masalah multidimensi dan penanganannya merupakan tanggung jawab seluruh elemen bangsa, bukan hanya polisi dan militer, melainkan juga oleh ilmuwan, ulama, dan tokoh-tokoh agama. 

(4) Upaya menghadapi gerakan-gerakan radikalisme anarkis secara serius dapat merusak citra bangsa Indonesia di mata dunia dan bisa menjadi alasan bagi kekuatan asing untuk masuk ke Indonesia dengan dalih intervensi kemanusiaan. 

(5) Demokrasi dianggap sebagai sistem pemerintahan terbaik saat ini karena menjunjung tinggi kebebasan, tetapi kebebasan yang ada cenderung mengarah pada kebebasan tanpa batas akibat ketidaksiapan dan ketidakdewasaan masyarakat.

Pembahasan:

2. Pasangkan dengan menarik garis yang menghubungkan antara keterangan dengan masalah yang tepat sesuai.

Pembahasan:

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Lingkungan Keamanan Strategis Indonesia: Kondisi Keamanan dalam Negeri"