Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) membawa nilai-nilai tertentu yang secara

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) membawa nilai-nilai tertentu yang secara langsung atau tidak langsung bersinggungan dengan nilai-nilai sosial budaya bangsa yang sudah ada. Jelaskan hubungan antara perkembangan iptek dengan masuknya nilai-nilai buruk yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Jawab:

Nilai-nilai masyarakat Indonesia tidak terlepas dari nilai yang ada di Pancasila. Ketika IPTEK muncul ada beberapa yang bisa menghilangkan nilai-nilai tersebut:

1) Untuk sila pertama, perkembangan IPTEK akan Muncul berbagai agama seperti Googlisme yang mana tidak masuk akal dan sesat.

2) Untuk sila kedua, dengan adanya IPTEK manusia yang tidak bermoral akan mengembangkan seperti nuklir ke arah negatif yang mana bisa mengancam hingga menghancurkan negara lain.

3) Untuk sila ketiga, dengan semakin cepatnya arus informasi dan komunikasi yang disebabkan IPTEK. Maka perkembangan informasi budaya negara lain melalui kemajuan internet membuat ancaman besar terhadap hilangnya budaya lokal.

4) Untuk sila keempat. IPTEK bisa membawa ke nilai negatif karena terdapat beberapa website atau aplikasi yang mana sulit untuk menerima kritikan meskipun memiliki dampak besar buruk terhadap masyarakat.

5) Untuk sila kelima IPTEK akan menimbulkan orang-orang yang mencari konten dengan merendahkan orang miskin.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) membawa nilai-nilai tertentu yang secara"