Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anugerah dari Hutan Indonesia Hutan Indonesia terluas ketiga di dunia

Cermati stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 4-5. AKM

Anugerah dari Hutan Indonesia

Hutan Indonesia terluas ketiga di dunia. Hutan hujan tropis terletak pada garis khatulistiwa antara 23,5 LU-23,5" LS. Namun, berdasarkan beberapa penelitian, hutan hujan tropis berkonsentrasi pada koordinat 10 LU-10" LS.

Berdasarkan posisinya pada garis lintang, wilayah Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis di wilayah Asia Tenggara, selain Malaysia dan Thailand. Indonesia menjadi salah satu negara di wilayah khatulistiwa yang sangat mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan berbagai flora dan fauna.

4. Paru-paru dunia berperan penting dalam menyerap emisi karbon dan menghasilkan oksigen. Berdasarkan stimulus tersebut, apakah Anda setuju jika hutan hujan tropis Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia? Tuliskan alasannya. 

☐ Setuju

☐ Tidak setuju

Alasan:

Jawab:

Setuju

Alasan: Pada stimulus dijelaskan hutan hujan tropis berkonsentrasi di koordinat 10° LU–10° LS. Artinya, wilayah Indonesia yang berada di koordinat 6° LU–11° LS termasuk wilayah konsentrasi hutan tropis. Seperti kita ketahui bersama, bahwa lahan hutan hujan tropis Indonesia memiliki luas yang sangat besar hingga keberadaannya memengaruhi kondisi global. Jika hutan hujan tropis Indonesia rusak, kemungkinan dampak pemanasan global menjadi semakin buruk. Jadi, menurut saya tepat hutan hujan tropis Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia.


5. Berdasarkan stimulus, terdapat pernyataan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara di wilayah Khatulistiwa yang sangat mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan berbagai flora dan fauna. Apakah pernyataan tersebut dapat dikatakan akurat? Jelaskan.

Jawab:

Pernyataan tersebut akurat karena hutan hujan tropis menjadi salah satu habitat berbagai jenis flora dan fauna yang ada di dunia.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Anugerah dari Hutan Indonesia Hutan Indonesia terluas ketiga di dunia"