Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cermati stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4. AKM Status Gunung Api Indonesia

Cermati stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4. AKM

3. Berdasarkan stimulus tersebut, apakah Anda setuju jika pemerintah Indonesia mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk meminimalkan risiko bencana gunung meletus? 

☐ Setuju

☐ Tidak Setuju

Jawab:

Setuju

Alasan:

Pada stimulus, dijelaskan bahwa terdapat 127 gunung api aktif yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah gunung api yang besar ini tentunya menjadi ancaman terjadi bencana alam gunung meletus. Selain itu, terdapat 1,2 juta populasi terpapar bahaya erupsi gunung api. Jadi, sudah tepat jika pemerintah mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk mendeteksi aktivitas gunung berapi agar dampak negatif yang ditimbulkan dapat dikurangi.


4. Menurut Anda, manakah wilayah yang harus memiliki tingkat kewaspadaan tinggi terhadap bencana gunung meletus? Jelaskan alasannya.

Jawab:

Berdasarkan stimulus terdapat tiga status gunung berapi di Indonesia, yaitu status level IV (awas), level III (siaga), dan level II (waspada). Wilayah yang memiliki satu-satunya gunung api dengan status awas adalah Pulau Sumatra. Selain itu, terdapat dua gunung api dengan status waspada.  Jadi, wilayah Sumatra harus memiliki tingkat kewaspadaan lebih tinggi daripada wilayah lainnya akan ancaman bencana gunung meletus.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Cermati stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4. AKM Status Gunung Api Indonesia"