Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkenalkan Etika Lingkungan lewat Pendidikan Formal Bencana lingkungan, seperti banjir,

Perhatikan stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5. AKM

Perkenalkan Etika Lingkungan lewat Pendidikan Formal

Bencana lingkungan, seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan yang terjadi belakangan ini sudah sampai tahap mengancam kehidupan manusia. Namun, semua pihak masih terpaku pada kepentingan ekonomi jangka pendek dengan terus menguras sumber daya alam. Saat ini, etika lingkungan yang dipegang masyarakat tradisional tergusur oleh pola kehidupan modern yang cenderung eksploitatif untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Karena itu, pengetahuan tentang lingkungan, terutama etika lingkungan, hendaknya diperkenalkan lewat jalur pendidikan formal sebagai upaya jangka panjang dan lewat partai politik sebagai program jangka pendek. Demikian disampaikan Sonny Keraf, mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup dalam sarasehan "Etika Lingkungan di Mata Pers", sebagai bagian dari Seminar Etika Lingkungan yang diselenggarakan LIPI di Kebun Raya Bogor, Sabtu (20/9).

Sebenarnya, banyak negara lain yang tidak memiliki etika lingkungan, namun karena penegakan hukumnya kuat dan pemerintahannya bersih, upaya perusakan lingkungan dapat dicegah. Sebaliknya di Indonesia, baik etika lingkungan maupun hukum tidak jalan sehingga kondisi lingkungan semakin buruk. Karena itu, etika lingkungan perlu diperkenalkan melalui jalur pendidikan formal. Selama ini, hal tersebut baru disampaikan melalui pendidikan nonformal Misalnya, dengan kegiatan penjelajahan alam bagi anak-anak yang banyak diselenggarakan oleh lembaga swadaya masyarakat.


4. Berdasarkan stimulus, berilah tanda centang (✔) pada kolom Sesuai atau Tidak Sesuai terkait pernyataan berikut.

Jawab:

Pernyataan

Sesuai

Tidak Sesuai

Etika lingkungan yang saat ini dipegang masyarakat tradisional mulai tergusur oleh pola kehidupan modern yang cenderung mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya.

 

Sebaiknya pengetahuan mengenai etika lingkungan diperkenalkan lewat jalur pendidikan formal sebagai upaya jangka pendek.

 

Banyak negara lain yang memiliki etika lingkungan yang baik sehingga upaya perusakan lingkungan dapat dicegah.

 

Kondisi etika lingkungan dan hukum di Indonesia tidak sejalan sehingga kondisi lingkungan semakin buruk.

 

Etika lingkungan di pendidikan nonformal dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan menjelajah alam bagi anak-anak.

 

5. Berdasarkan stimulus, apakah memiliki etika lingkungan sangat penting? Jelaskan alasannya.

Jawab:

Etika lingkungan sangat penting dimiliki setiap individu agar terciptanya kelestarian lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan direncanakan dengan mengurangi dampak kerusakan alam.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Perkenalkan Etika Lingkungan lewat Pendidikan Formal Bencana lingkungan, seperti banjir,"