Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hydroxyapatite and My Research

Wah esuk2 ngene wis dibingungno ambi bab 2 sing kudu dalemi teori sing tentang hidroksiapatit,,,, weleh2... lha piye po piye yo aku kudu sinau tentang kuwi,,, ngene lengkape teori hidroksiapatit kuwi...

Hidroksiapatit biasanya disingkat dengan HAp yang merupakan sebuah mineral keramik yang mengandung kalsium fosfat. Lengkapnya, senyawa ini memiliki rumus kimia Ca10(PO4)6(OH)2. Yang mana menunjukkan sel satuan kristal yang terdiri dari dua identitas duan unsur yang telah disebutkan. 50 persen kandungan tulang dibentuk oleh senyawa ini. Maka dari itu senyawa ini disebut sebagai mineral tulang (bone mineral). Hidroksiapatit biasanya digunakan sebagai filler untuk menggantikan tulang yang diamputasi atau sebagai sebuah lapisan untuk meingkatkan pertumbuhan tulang dalam implan tulang.

Dalam penelitian yang akan ku kulakukan pada semester 7 ( sekitar 2-3 bulanan lagi), saya akan menggunakan hidroksiapatit yang disintesis dengan menggunakan kitosan fosfat untuk aplikasi implan tulang. Lha kenapa harus disintesis dengan kitosan fosfat???? Begini ceritanya. Karena hidroksiapatit sendiri merupakan sebuah mineral keramik yang memiliki kegetasan tinggi (high brittle), maka masih dianggap belum mampu untuk langsung diapplikasikan sebagai implan tulang, maka supaya diharapkan untuk lebih memenuhi sifat biomaterial maka akan dibuat sebuah biocomposit. Keramik hidroksiapatit ini akan disintesis dengan sebuah polimer yang disebut sebagai kitosan fosfat,,, kitosan fosfat sendiri memiliki sifat biocompatible dan biodegradable yang tinggi, maka saya berhipotesis disini bahwasanya ketika sebuah hidroksiapatit yang disentesis dengan kitosan fosfat akan memenuhi kriteria biomaterial.

Wah,,, kok dadi ngantuk ngene yooo.. wis semene sik wae tentang hidroksiapatit sing tak gawe nang penelitianku meneh,hehehehe,,,, good byee!!!!!

Post a Comment for "Hydroxyapatite and My Research"