Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Liquid Displacement Method

Pada malam ini (rabu, 3 mei 2011) saya sangat bingung bagaimana melengkapi metode-metode yang akan ajukan sebagai topik TA saya untuk lulus sarjana S-1,,, dan setelah berbingung-bingung, jungkir balik di kamar, telpon sana sini dan mencari ilham sejenak alias bobok... akhirnya, Alhamdulillah dapat hidayah dari Allah SWT. Dengan wasilah sama kang mas google... dimana saya menemukan sebuah referensi tentang metode bagaimana cara mengukur porositas suatu benda. Porositas sendiri merupakan salah satu sifat batuan yang menyatakan ketersediaan ruang bagi hidrokarbon dalam suatu batuan dan nilainya dinyatakan dalam persen perbadingan antara volume pori dibanding dengan volume batuan. Metode ini saya ambil dari jurnal Biomedical Materials [1] ,,, beginilah ringkasan singkat isinya:::;

Porositas suatu benda dapat diukur salah satunya dengan menggunakan Liquid Displacement Method. Dimana prosedur nya seperti berikut:
       1. Benda yang akan diukur porositasnya diukur berat (Wo) dan Volume (Vo)
      2. Benda direndam kedalam sebuah alkohol dehidrasi (density=ρ=0.7907 grm/cm^3 sampai 0.7932    grm/cm^3 [2] ) selama 48 jam
       3. Benda ditimbang beratnya kembali (W1)

Dan selanjutnya dihitung nilai porosnya dengan menggunakan persamaan

P=(W1-Wo)/(ρVo )

Ternyata setelah aku liat dan saya pelajari persamaan porositas ini. Persamaan ini sama seperti dengan persamaan archimedes dimana archimedes mendapatkan persamaannya ketika dihadapkan sebuah masalah tentang bagaimana menghitung sebuah volume benda tak teratur bentuknya.

Referensi:
[1] Zhang, Y., & Zhang, M. (2001). Synthesis and characterization of macroporous chitosan/calcium phosphate composite scaffolds for tissue engineering. Journal of Biomedical Materials Research.
[2] http://www.distill.com/specs/UK.html

Post a Comment for "Liquid Displacement Method"