Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Hukum Kepler dan Transit Venus

Salam Penghianat Fisika. Sahabat Penghianat fisika mungkin telah mendengar banyak tentang transitnya Venus, Mungkin saya juga terlambat untuk menceritakan atau mengulas tentang transitnya venus yang terjadi bulan juni kemaren, tapi tak apalah untuk sekedar pengetahuan nanti dan seterusnya, aminn. disini saya juga akan menampilkan foto transitnya transitnya venus di matahari yang didokumentasikan oleh NASA.

Transitnya venus mendiskripsikan sebuah kejadian yang terjadi sebanyak dua kali dalam seabad yang mana venus tepat berada pada lintasan diantara bumi dan matahari. Ketika hal ini terjadi pada bulan, maka disebut dengan gerhana, tetapi ketika terjadi pada venus, maka disebut dengan transit venus.


Kejadian ini berhubungan dengan kejadian yang sangat langka dan bukti yang benar-benar indah, untuk siapapun yang mampu menyaksikannya ( ingatlah, jangan memandang secara langsung  pada matahari untuk mengamati setiap kejadian astronomi). Dan bertepatan kejadian itu, aku melihat di layarkaca seorang yang bernama Stephen Colbert terpaku ketika dia mengidentifikasi transitnya Venus dan bilang


“benar-benar salah satu contoh keagungan dari sesuatu yang melewati didepan sesuatu yang lain”

Kalo belajar dari sejarahnya, dahulu kala, transitnya Venus menimbulkan taruhan yang sangat berat. Pada tahun 1769, bangsa diseluruh dunia (kebanyakan eropa) mengirim ekspedisi untuk mengukur waktu transitnya Venus. Dengan menggunakan perhitungan, mereka mampu mengaplikasikan Hukum pergerakan planet KEPLER untuk menggambarkan jarak antara bumi dan matahari. Dengan melakukan pengukurang yang lebih presisi untuk jarak ini, ini mulainya kemampuan navigator untuk menghitung garis bujur, yang akhirnya bermanfaat untuk peperangan dan perdagangan. (waktu itu, tampaknya, daya upaya sainstivik murni tidak sepopuler sekarang, ya hampir samalah dengan nasib saintivik di Indonesia sekarang ini,hehehehe).




Gambar 1. Hukum 2 Kepler
(sumber Wikipedia)


Alasan usaha ini adalah bahwasanya hukum kepler mengatur pergerakan planet mengitari matahari, mendifinisikan jalur lintsan planet dan tingkatan dimana mereka bergerak. Kepler menurunkan nilai ini dari pengamatan yang sangat hati-hati dengan bimbingan dari gurunya Tycho Brahe seorang astronom. Jadi, dengan kata lain Kepler mengetahui bahwasanya hukumnya diaplikasikan pada gerak planet, tetapi dia tidak memiliki ketegasan kejelasan teorinya kenapa hal ini terjadi. Hal ini kemudian dibuktikan bahwasanya hukum Kepler dapat diturunkan dari Hukum Gravitasi Newton (sekitar tahun1687), hukum gravitasi Newton menyempurnakan hukum Kepler dengan kerangka teoritis dan bukti empiris. Dengan hukum ini, satu-satunya yang tetap adalah untuk membuat pengukuran transit Venus dan kemudian mengaplikasikan beberapa perhitungan angular untuk menggambarkan hasil detail tentang matahari.

Sekian Dulu Terima kasih



Foto-foto Transitnya Venus di Matahari (Juni 2012) yang diabadikan oleh NASA





Post a Comment for "Review Hukum Kepler dan Transit Venus"