Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fisika Kuantum



Haduwh,, udah lama ya saya tidak mengupdate nie blok,,, ok sekarang saya kan memulai pertama kali dalam penulisan pasca lulus dari s1 fisika universitas Airlangga. disini saya akan mengupas sedikit tentang pemahaman fisika kuantum dulu ketika masih duduk di semester lima

Apakah Fisika kuantum itu??? 

Fisika kuantum merupakan sebuah studi tentang perilaku materi dan energi pada skala molekuler, atomik, nuklir dan bahkan level mikroskopik yang lebih kecil. Pada awal abad 20 Masehi, telah dilakukan penelitian bahwasanya hukum yang mengatur objek makroskopik tidak berfungsi untuk realita pada objek skala mikroskopik

Apakah yang maksud dari Kuantum itu???

Kuantum berasal dari bahasa Latin “How much”. Hal ini berhubungan dengan unit diskrit materi dan energi yang diprediksi dan diamati dalam fisika kuantum. Bahkan ruang dan waktu yang tampaknya sangan bersifat kontinyu memiliki nilai kemungkinan yang sangat terkecil.

Siapa yang mengembangkan Fisika Kuantum???

Sebagai ilmuan sains yang memiliki tekhnologi untuk mengukur dengan presisi yang lebih besar sehingga mampu mengamati peristwa aneh seperti halnya spektrum panjang gelombang yang ditimbulkan oleh benda hitam dan tak bisa dijelaskan dengan teori klasik, maka dari itu terlahirlah fisika kuantum yang diproklamirkan oleh Max Planck pada tahun 1900 saat seminar untuk masyarakat fisika di berlin. Fisika kuantum pada dasarnya terlahirkan berkat jerih payah oleh orang banyak seperti halnya Max planck, Albert Einstein, Niels Bohr, Werner Heisenberg, Erwin Schrodinger dan banyak lagi yang lainya. Tetapi ironisnya, Albert Einstein selalu tidak bersependapat dengan mekanika kuantum dan mencoba untuk menyangkal dan memodifikasinya.

Apa kekhususan dari fisika kuantum itu???

Dalam dunia fisika kuantum, mengamati sesuatu pada dasarnya berpengaruh pada proses fisika yang terjadi. Gelombang cahaya berperilaku seperti partikel dan partikel berperilaku seperti gelombang dimana disebut sebagai dualisme gelombang partikel. Materi dapat berpindah dari suatu tempat ketempat lain tanpa bergerak melalui campur tangan ruang (space) yang mana disebut sebagai fenomena efek Tuneling. Informasi bergerak langsung di jarak yang sangat jauh. Bahkan  dalam mekanika kuantum kita menemukan bahwa seluruh alam semesta merupakan serangkaian probabilitas. Sayangnya, hal ini tidak berpengaruh pada objek makroskopik seperti halnya eksperimen kucing Schrodinger.

Apa Quantum Entanglement??

Salah satu konsep utama adalah Quantum Entanglement, yang mana menggambarkan keadaan dimana beberapa partikel berhubungan sedemikian rupa dan pengukuran keadaan kuantum dari satu pertikel berpengaruh atau menimbulkan kendala pada pengukuran partikel lainnya.

Kuantum Optika

Kuantum optik merupakan cabang dari fisika kuantum yang fokus mempelajari perilaku dari cahaya atau foton. Pada level kuantum optik, perilaku individual foton berpengaruh pada cahaya yang dihasilkan, sebagaimana bertentangan dengan optika klasik dikembangkan oleh Sir Isac Newton. Laser merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan dari studi kuantum optika.

Quantum Electrodynamics (QED)

Quantum Electrodynamrics (QED) merupakan studi bagaimana elektron dan proton ber’interaksi. Quantum Electrodynamics ini dikembangkan pada akhir tahun 1940 oleh Richard Feynman, Julian Schwinger, Sinitro Tomonage dan yang lainya. Prediksi  dan elektron Quantum Electrodynamrics adalah hamburan photon yang akurat pada 11 tempat desimal.

Unified Field Theory

Unified Field Theory adalah serangkaian penelitian yang mencoba menggabungkan (mendamaikan) fisika kuantum dengan teori relativitas umum Einstein. Beberapa jenis teori Unified seperti:
  • Quantum Gravity
  • String Theory / Super String theory / M-Theory
  • Grand Unified Theory
  • Loop Quantum Gravity
  • Theory of Everything
  • Supersymetry

Post a Comment for "Fisika Kuantum"