Deskripsikan lima prinsip fungsional desain kemasan!

Deskripsikan lima prinsip fungsional desain kemasan!

Jawab:
Desain kemasan mempunyai lima prinsip fungsional, yaitu sebagai berikut.

  1. Kemasan (packaging) memberi informasi. Pada kemasan ini harus disampaikan tentang jenis produk dan kegunaannya. Di sini kejujuran jadi hal penting.
  2. Kemasan secara fisik. Fungsinya sebagai pelindung produk dari benturan, gesekan, guncangan, hentakan, dan lain-lain. Di sini kekuatan menjadi prinsip utama.
  3. Kemasan yang nyaman dipakai. Maksudnya kemasan di sini memberikan rasa nyaman jika disentuh, permukaannya tidak melukai, lentur saat digenggam, mudah dibersihkan, disimpan, stabil bila diletakkan. Kemasan yang dapat didaur ulang sangat diutamakan.
  4. Kemasan yang mampu menampilkan citra produk dan segmentasi pasar pemakainya. Di sini melibatkan banyak unsur terutama yang berkaitan dengan imajinasi, selera, dan fantasi si pemakai. Kemasan di sini harus mampu menerjemahkan siapa pemakainya, status sosial, di mana dan jenis perilaku seperti apa produk mainan tersebut dipakai. Keunikan menjadi nilai penting.
  5. Kemasan yang berprinsip mendukung keselarasan lingkungan. Kemasan yang baik adalah yang mudah didaur ulang (recycle) ke produk baru dan tidak terkontaminasi, bisa dilebur dan dibuat kembali ke produk (reuse) asal.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

0 Response to "Deskripsikan lima prinsip fungsional desain kemasan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel