Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan perjuangan rakyat melawan Portugis

Sebutkan perjuangan rakyat melawan Portugis!

Jawab:

Perjuangan pertama dilakukan oleh rakyat Malaka, Johor, Aceh, Maluku, Demak, dan Sunda Kelapa, sebagai berikut.

  1. Perjuangan rakyat Malaka. Pada tahun 1511 di bawah pimpinan Sultan Mahmud Syah I melakukan perlawanan terhadap Portugis namun Malaka dapat didesak hingga menyingkir ke Pulau Bintan. Akhirnya, Malaka jatuh ke Portugis pada 1511. Pada 1526, Pulau Bintan diserbu oleh Portugis, Sultan Mahmud Syah I lari ke Pulau Kampar hingga wafatnya 1528.
  2. Perjuangan rakyat Johor. Dipimpin oleh Alaudin Ri’ayat Syah II mulai tahun 1530 kemudian dilanjutkan Abdul Jalil Syah I (1580–1597) dapat menangkis serangan Portugis.
  3. Perjuangan rakyat Demak. Dipimpin oleh Adipati Unus. Pada tahun 1512–1523, melakukan perlawanan terhadap Portugis, dibantu oleh armada Aceh, Palembang, dan Bintan. Berusaha merebut kembali Malaka namun tidak berhasil.
  4. Perjuangan rakyat Maluku. Berhasil menaklukkan Malaka tahun 1511 kemudian menuju ke Maluku Utara karena sebagai penghasil rempah-rempah. Tahun 1512, Portugis mengadakan hubungan dagang dengan Sultan Hairun dari Ternate. Portugis ternyata memonopoli perdagangan, memeras dan menindas rakyat; serta melakukan penyebaran agama Kristen secara paksa sehingga membuat rakyat melakukan perlawanan.Tahun 1550, rakyat Ternate di bawah pimpinan Sultan Hairun melakukan perlawanan.Portugis menipu dan membunuh Sultan Hairun dengan dalih untuk mengadakan perundingan.Perjuangan diteruskan oleh Sultan Baabullah, putra Sultan Hairun. Tahun 1570–1575, Ternate, Tidore, dan Halmahera bersatu padu melawan Portugis. Tanggal 18 Desember 1577, rakyat Ternate berhasil mengusir Portugis dari Ternate.
  5. Perjuangan rakyat Sunda Kelapa. Fatahillah seorang ulama dari Demak yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat memimpin rakyat melakukan perlawanan terhadap Portugis.Tahun 1527, Fatahillah menyerang orang-orang Portugis di Sunda Kelapa dan berhasil mengalahkannya.Portugis terusir kembali ke Malaka.Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta oleh Fatahillah kemudian berdirilah Kerajaan Banten.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Sebutkan perjuangan rakyat melawan Portugis"