Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sifat jaiz Allah SWT. adalah sifat yang mungkin (boleh) ada atau sifat yang mungkin (boleh) tidak ada pada

Sifat jaiz Allah SWT. adalah sifat yang mungkin (boleh) ada atau sifat yang mungkin (boleh) tidak ada pada Allah SWT. sifat jaiz ini adalah sifat yang bisa melekat pada Allah SWT. dan bisa pula tidak melekat pada Allah SWT. Sebab semua adalah berdasarkan kehendak-Nya, maka Allah SWT. bisa melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.

Contoh: Besok setelah hari kiamat semua manusia akan diberi balasan sesuai amal perbuatannya ketika di dunia, yang beramal shalih  masuk surga dan yang banyak maksiat masuk neraka. Apakah setelah itu Allah swt. menciptakan manusia lagi atau tidak? Tentu Allah SWT.  yang memiliki sifat jaiz. Terkait hal tersebut apabila sifat wajib dan sifat mustahil Allah swt. ada banyak, maka sifat jaiz Allah SWT. hanya satu, yaitu….

    A.   wahdaniyah

    B.   mukhalafatu  lil hawadisi

    C.   fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu

    D.  iradah

    E.   qiyamuhu binafsihi

Pembahasan:

Terkait hal tersebut apabila sifat wajib dan sifat mustahil Allah swt. ada banyak, maka sifat jaiz Allah swt. hanya satu, yaitu fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu (Allah bisa menciptakan ataupun tidak).

Jawaban: C

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁 

Post a Comment for "Sifat jaiz Allah SWT. adalah sifat yang mungkin (boleh) ada atau sifat yang mungkin (boleh) tidak ada pada"