Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sifat wajib Allah swt. ada 20 sifat. 20 sifat tersebut dikelompokkan menjadi empat, yaitu: nafsiyah

Sifat wajib Allah swt. ada 20 sifat. 20 sifat tersebut  dikelompokkan menjadi empat, yaitu: nafsiyah, salbiyah, m’ani, dan ma’nawiyah. Sifat salbiyah adalah sifat yang menafikan segala hal yang tidak layak bagi Allah swt. misalnya: Allah swt berbeda dengan makhluk yang menyangkut segala-galanya, seperti hidup, berbicara, cara kerja, dan mendengar. Seandainya Dia menyamai hasil ciptaan-Nya, berarti Dia memiliki kelemahan, karena membutuhkan sesuatu yang lain, seperti makan, tempat dan waktu. Hal itu tentu mustahil bagi Allah swt. Dalam konteks tersebut Allah swt. memiliki sifat salbiyah yaitu….

    A.    mukhalafatu lil hawadisi

    B.    qidam

    C.    baqa’

    D.    qiyamuhu binafsihi

    E.    wahdaniyah

Pembahasan:

Seandainya Allah menyamai hasil ciptaan-Nya, berarti Dia memiliki kelemahan, karena membutuhkan sesuatu yang lain, seperti makan, tempat dan waktu. Hal itu tentu mustahil bagi Allah swt. Dalam konteks tersebut Allah swt. memiliki sifat salbiyah yaitu mukhalafatu lil hawadisi (berbda dengan makhluknya).

Jawaban: A

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁 

Post a Comment for "Sifat wajib Allah swt. ada 20 sifat. 20 sifat tersebut dikelompokkan menjadi empat, yaitu: nafsiyah"