Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana sumber daya kelautan Indonesia harus dikelola

Bagaimana sumber daya kelautan Indonesia harus dikelola?

Jawab:

Sumber daya kelautan Indonesia dapat dikelola antara lain dengan hal-hal berikut.

a.     Sumber daya perikanan hendaknya dikelola dengan menjaga keseimbangan produksi dan kelestarian sumber daya.

b.     Energi kelautan Indonesia belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu, perlu ada upaya untuk menyosialisasikan pentingnya energi kelautan untuk memenuhi kebutuhan listrik masa depan.

c.     Dalam rangka peningkatan produksi migas dalam jangka panjang, perlu dilakukan pembukaan wilayah kerja dan eksplorasi migas secara masif.

d.     Pengelolaan wisata bahari perlu memperhatikan tiga komponen produk dalam industri pariwisata. Ketiga komponen produk itu adalah akses menuju daerah tujuan wisata, fasilitas daerah tujuan wisata, dan atraksi wisata di daerah tujuan wisata.

e.     Pengelolaan industri maritim seyogianya perlu bersih dari limbah, efisien, kokoh, mandiri dan mampu memberikan nilai tambah ekonomi yang tinggi.

f.      Pengelolaan jasa angkutan laut antara lain dapat dilakukan dengan mengembangkan berbagai kebijakan yang mendukung, seperti meratifi kasi hukum-hukum internasional yang dapat mendorong perkembangan pelayaran nasional.

g.     Dengan adanya alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI), Indonesia menjadi penghubung antara dua lautan bebas. ALKI hendaknya dikelola di bawah sistem pengawasan yang efektif dan efi sien untuk kepentingan pertahanan dan keamanan nasional.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Bagaimana sumber daya kelautan Indonesia harus dikelola"

close