Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penulisan sejarah ada dua bentuk, yaitu penulisan yang bersifat deskriptif naratif dan deskriptit analitis. Terangkan

Penulisan sejarah ada dua bentuk, yaitu penulisan yang bersifat deskriptif naratif dan deskriptit analitis. Terangkan tentang penulisan yang bersifat deskriptif naratif dan deskriptif analitis! 

Jawab:

a. Penulisan yang bersifat deskriptif naratif lebih banyak bercerita sesuai yang diinformasikan sumber sejarah. Informasi dalam tulisan narasi hanya menjawab pertanyaan mengenai apa dan di mana peristiwa tersebut terjadi serta berorientasi terhadap sumber. Selain menceritakan apa yang ada dalam sumber, penulisan deskriptif naratif bersifat terperinci dan kompleks.

b. Penulisan yang bersifat deskriptif analitis pada dasarnya mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan. Adapun uraian penulisan deskriptif analitis bersifat problem solving, yaitu memecahkan masalah. Pertanyaan tidak hanya terbatas pada ”apa, siapa, dan di mana”, tetapi juga mengajukan pertanyaan ”mengapa dan bagaimana”. Untuk menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana, sejarawan membutuhkan kemampuan yang bersifat analitis.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Penulisan sejarah ada dua bentuk, yaitu penulisan yang bersifat deskriptif naratif dan deskriptit analitis. Terangkan"