Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terangkan beberapa kesalahan yang harus dihindari sejarawan dalam pemilihan topik menurut Kuntowijoyo

Terangkan beberapa kesalahan yang harus dihindari sejarawan dalam pemilihan topik menurut Kuntowijoyo dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Sejarah! 

Jawab:

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari sejarawan dalam pemilihan topik menurut Kuntowijoyo dalam bukunya berjudul Pengantar Ilmu Sejarah.

a. Kesalahan baconian adalah pendapat bahwa tanpa teori, konsep, ide, paradigma, praduga, hipotesis, atau generalisasi yang lain, penelitian sejarah dapat dilakukan.

b. Kesalahan terlalu banyak pertanyaan. Dalam melakukan suatu penelitian akan didapati beberapa hal yang tidak boleh ditanyakan sekaligus, hal itu akan memengaruhi hasil akhir penelitian.

c. Kesalahan pertanyaan yang bersifat dikotomi, yaitu suatu pandangan sejarah yang hitam putih atau seolah-olah sejarah hanya memiliki dua kemungkinan, padahal seorang sejarawan yang baik akan membuka berbagai kemungkinan yang terjadi secara objektif.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Terangkan beberapa kesalahan yang harus dihindari sejarawan dalam pemilihan topik menurut Kuntowijoyo"