Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Integrasi nasional dapat berarti pembauran suatu bangsa hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat

Integrasi nasional dapat berarti pembauran suatu bangsa hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Diperlukan syarat-syarat tertentu dalam mewujudkan integrasi nasional. Berikut yang termasuk syarat-syarat terwujudnya integrasi nasional adalah .…

   A. masyarakat dapat menemukan dan menyepakati nilai-nilai fundamental yang menjadi rujukan bersama.

   B. adanya ancaman dari luar yang menyebabkan muncul dan berkembangnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia.

   C. masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman.

   D. masyarakat berada di atas ketergantungan di antara unit-unit sosial yang terhimpun di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

   E. masyarakat terhimpun dalam unit sosial dan memiliki cross cutting affiliation (berbagai kesatuan sosial) sehingga menghasilkan cross cutting loyalties (loyalitas ganda).

Pembahasan:

Yang termasuk syarat-syarat terwujudnya integrasi nasional adalah masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman.

Jawaban: C

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Integrasi nasional dapat berarti pembauran suatu bangsa hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat"