Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan hubungan perkembangan iptek dengan ancaman dalam bidang sosial budaya. Jelaskan pula

Jelaskan hubungan perkembangan iptek dengan ancaman dalam bidang sosial budaya. Jelaskan pula strategi yang menurutmu tepat untuk menghadapinya.

Jawab:

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) membawa nilai-nilai tertentu yang secara langsung atau tidak langsung bersinggungan dengan nilai-nilai sosial budaya bangsa yang sudah ada. Ada sejumlah nilai buruk yang dapat tertransfer, seperti individualisme, hedonisme, dan konsumerisme. Pemahaman generasi penerus bangsa terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat terkikis oleh derasnya nilai-nilai baru yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa.

Degradasi nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dapat memengaruhi merosotnya sikap nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air bagi warga negara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Solusinya adalah Pemerintah melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotism dengan secara memasifkan kampanye-kampanye aku cinta indonesia seperti membeli produk lokal dan memajukan berbagai stius-situs budaya agar bisa menjadi tempat destinasi wisata untuk semua masyarakat

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Jelaskan hubungan perkembangan iptek dengan ancaman dalam bidang sosial budaya. Jelaskan pula"