Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stimulus PENGARUH KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA

Stimulus

PENGARUH KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA

1. Berdasarkan stimulus, tentukanlah pernyataan-pernyataan yang termasuk dampak positif atau dampak negatif dengan memberikan tanda centang (✓) pada kolom yang tepat.

(1) Keberagaman masyarakat Indonesia dapat menimbulkan integritas serta persatuan nasional.

(2) Keberagaman masyarakat Indonesia dapat menimbulkan sikap etnosentrisme.

(3) Sikap primordialisme mengutamakan tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di lingkungan pertamanya.

(4) Keberagaman Indonesia dapat memperkaya budaya bangsa.

(5) Keberagaman Indonesia menjadi sarana memajukan pergaulan antarsuku, agama, budaya, dan golongan.

Jawab:

2. Keberagaman masyarakat Indonesia, selain menimbulkan dampak positif, juga menimbulkan dampak negatif, seperti fanatisme, primordialisme, dan etnosentrisme. Mengapa hal-hal tersebut termasuk dampak negatif?

Jawab:

Karena Fanatisme merupakan keyakinan akan suatu hal sebagai kebenaran tanpa kepastian data dan fakta, tetapi kebenaran itu dianggap kebenaran mutlak tanpa memedulikan argumen dari orang lain. Primordialisme merupakan pandangan atau paham yang menunjukkan sikap berpegang teguh pada hal-hal yang sejak awal melekat pada diri individu, seperti suku bangsa, ras, dan agama.

Sikap primordialisme yang berlebihan akan menganggap suku bangsa, ras, atau agamanya lebih unggul dibanding suku bangsa, ras, atau agama lain. Terakhir Etnosentrisme merupakan pandangan bahwa kebudayaan suku bangsanya lebih baik dibandingkan kebudayaan suku bangsa lain. Semua perilaku tersebut merupakan cikal bakal adanya konflik di kehidupan masyarakat di Indonesia yang mejemuk.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Stimulus PENGARUH KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA"