Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Energi Panas Bumi di Indonesia yang Terbentang di Cincin Api

Bacalah stimulus 1 berikut dengan saksama.

Energi Panas Bumi di Indonesia yang Terbentang di Cincin Api

Sebagian besar gunung berapi terjadi di sabuk yang terbentuk bagaikan manik-manik besar yang teruntai pada tali raksasa. Rantai raksasa ini kerap membentuk busur yang melengkung. Rangkaian busur besar gunung berapi ini dapat kita temukan di sekitar Samudra Pasifik. Rangkaian tersebut dikenal dengan nama "Cincin Api" (Ring of Fire).

Cincin Api disebut juga sebagai Sabuk Lingkar-Pasifik. Sabuk ini terletak di jalur sepanjang Samudra Pasifik. Di sana ada gunung berapi aktif dan sering terjadi gempa bumi. Panjangnya sekitar 40.000 kilometer. Jalur ini menelusuri batas antara beberapa lempeng tektonik, seperti Lempeng Pasifik, Juan de Fuca, Cocos, India-Australia, Nazca, Amerika Utara, dan Filipina. Tujuh puluh lima persen gunung berapi di dunia atau lebih dari 450 gunung berapi terletak di sepanjang Cincin Api. Sembilan puluh persen gempa bumi, termasuk peristiwa seismik yang paling dahsyat, terjadi di sana.

Wilayah di sekitar "Cincin Api" Samudra Pasifik merupakan salah satu wilayah paling utama di dunia untuk energi geotermal. Kata "geotermal" berasal dari bahasa Yunani, yakni geo dan therme. Geo berarti bumi, therme berarti panas. Itulah sebabnya energi geotermal berarti panas bumi. Energi panas bumi adalah energi panas di dalam kerak bumi, yaitu batuan dan cairan hangat (uap atau air yang mengandung sejumlah besar padatan terlarut) yang mengisi pori-pori dan rekahan di dalam batuan.

Energi panas bumi bersih dan berkelanjutan. Energi panas bumi sampai batas tertentu dapat diperbarui karena sumber daya panas bumi biasanya memiliki umur 30-50 tahun. Masa pakai dapat diperpanjang dengan proses reinjeksi, yang dapat mengompensasi setidaknya sebagian dari cairan yang diekstraksi selama penggunaan energi panas bumi. Energi panas bumi antara lain telah digunakan untuk pembangkit listrik. Pada awal tahun 2020, kapasitas pembangkit listrik panas bumi global telah mencapai 15.406 MW.

Negara penghasil panas bumi terbesar kedua adalah Indonesia. Sistem panas bumi Indonesia merupakan sistem hidrotermal yang mempunyai temperatur tinggi (>225° C) dan temperatur sedang (150-225° C). Panas bumi ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Indonesia yang terletak di Cincin Api Pasifik memiliki sekitar 40% cadangan panas bumi dunia. Cadangan ini setara dengan sekitar 27.000 MW tenaga listrik. Sebagian besar potensi panas bumi terdapat di Sumatera (13.800 MW), Jawa, dan Bali (9.250 MW), serta Sulawesi (2.000 MW). Sementara itu, kantong-kantong yang lebih kecil tersebar di seluruh nusantara.

Soal 1

Berikut adalah pernyataan terkait stimulus 1. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Sesuai jika pernyataan benar atau Tidak Sesuai jika pernyataan salah.

Jawab:

Pernyataan

Sesuai

Tidak Sesuai

Sabuk Lingkar-Pasifik menelusuri batas antara beberapa lempeng tektonik.

 

Sembilan puluh persen gempa bumi, termasuk peristiwa seismik yang paling dahsyat, terjadi di cincin api.

 

Energi panas bumi merupakan unrenewable resources.

 

Sebanyak 80% cadangan panas bumi dunia ada di luar Indonesia.

 

Pulau Sumatera memiliki potensi panas bumi yang terbesar di Indonesia.

 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Energi Panas Bumi di Indonesia yang Terbentang di Cincin Api"