Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencemaran Merkuri pada Tambang Emas (Contoh Proses Industri Tidak

Cermatilah potongan artikel berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.

Pencemaran Merkuri pada Tambang Emas 

(Contoh Proses Industri Tidak Sesuai Prinsip Kimia Hijau)

Merkuri atau dikenal sebagai raksa merupakan unsur kimia yang digunakan untuk memisahkan logam emas dari batuan/pasir pada bijih yang mengandung emas di area tambang emas. Dengan menggunakan merkuri, proses lebih mudah karena emas akan larut dalam merkuri membentuk amalgam sehingga terpisah dari pasir dan tanah. Untuk mengambil emas dari amalgam tinggal menguapkan merkuri. Mudah dan murah. Hal ini merupakan contoh penerapan prinsip ekonomi yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Akibatnya, areal seluas 496 hektare di Indonesia masih tercemar limbah merkuri akibat penambangan emas skala kecil dan tanpa izin. 

Sebenarnya, masih ada banyak cara yang lebih ramah lingkungan untuk mengambil emas dari bijih emas, yaitu dengan menggunakan proses sianida, proses tiourea, proses tiosulfat, proses flotas, dan proses igoli. Namun, proses tersebut cenderung lebih rumit dan lebih mahal sehingga penambang tradisional kurang menguasai.


4. Apabila di daerah Anda ada tambang rakyat yang mengambil emas dengan memanfaatkan merkuri, apa tindakan yang sebaiknya Anda lakukan? Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan yang benar (bisa lebih dari satu).

□ Melakukan demonstrasi untuk mendesak penghentian penambangan karena merusak lingkungan. 

□ Belajar proses yang lebih aman, kemudian mencoba memberikan edukasi/pembelajaran kepada penambang menggunakan cara yang aman. 

□ Ikut terlibat melakukan penambangan seperti yang banyak dilkukan oleh orang lain.

□ Membentuk kelompok diskusi untuk mengelola limbah merkuri secara baik dan mencoba mengajak penambang untuk melakukannya.

□ Menjelaskan kepada penambang tentang bahaya merkuri dan memberikan cara yang lebih aman dalam menangani limbah merkuri.

Pembahasan:

Ya ✔

Ya ✔

Tidak 

Ya ✔

Ya ✔


5. Informasi pada artikel di atas memberikan gambaran kepada kita perihal perilaku masyarakat terhadap permasalahan lingkungan. Benar atau salah pernyataan di bawah ini terkait dengan masyarakat penambang emas pada artikel di atas? Berikan tanda centang (✔) pada kolom "BENAR" jika pernyataan benar dan pada kolom "SALAH" jika pernyataan salah.

1. Kegiatan penambangan rakyat dengan menggunakan merkuri seharusnya ditoleransi/dibolehkan, sebab mudah dan berbiaya rendah. Adapun masalah lingkungan diserahkan kepada pemerintah yang wajib melindungi warganya.

2. Agar proses penambangan emas mengikuti prinsip kimia hijau, maka perlu disosialisasikan proses-proses yang lain dan difasilitasi untuk kemudahan memperoleh zat kimia yang aman.

Pembahasan:

1. Salah

2. Benar

Jawaban: B

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Pencemaran Merkuri pada Tambang Emas (Contoh Proses Industri Tidak"